Visi Misi

SIDA BLEBERAN 01 April 2013 14:14:06 WIB

Visi Pemerintah Desa Bleberan

Visi

          Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa  ( RPJMDesa ) memerlukan landasan yang merupakan cita – cita luhur sebagai pedoman dan arah bagi pembangunan pemerinta Desa  landasan tersebut adalah VISI dan MISI  yang landasan tersebut merupakan gol dari perencanaan pembangunan .

Visi Desa Bleberan :

 

“ PEMBANGUNAN  DESA WISATA yang PRODUKTIF  indah tertib aman dan RELIGI ”

 

Desa wisata :

Adalah Desa sebagai obyek/tujuan  wisata yang mencakup seluruh aktifitas wisata yang memiliki kaitan dengan unsur – unsus alam, social,  budaya yang berkembang di Desa Bleberan

 

Produktif    : yang di harapkan adalah pemerintah Desa, Lemabaga Desa, Lembaga Padukuhan, lemabaga kemasyarakatan serta masyarakat secara keseluruhan dpt melakukan kegiatan yang didukung oleh potensi yang ada  untuk menghasilkan  sebuah  produk/karya baik produk yang berupa pemikiran yang positif, Aktifitas, dan pembangunan.

 

Indah            : Adalah upaya membangun ds kita agar menjadi Sehat, bersih, rapih, sehingga akan menjadi Desa yang mempunyai keindahan secara lahir dan batin

 

Tertib         : Adalah upaya   membangun Desa kita menjadi pola pemerintahan dan kemasyarakatan yang Demokratis, yang tertata sesuai dengan aturan hukum yang ada.

 

Aman          : Adalah upaya membangun kondisi lingkungan dan masyarakat yang nyaman dan kondusif sehingga masyarakat dan wisatawan menjadi tentarm dalam melaksanakan aktifitas.

 

Religi          : Adalah upaya untuk membangun Desa Bleberan dengan segala aspek kehidupan yang di landasi dengan perikehidupan yang agamis

 

4.2. Misi

          Misi adalah rumusan umum mengenai upaya – upaya pemerintah Desa yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi  dan untuk mewujudkan misitersebut pemerintah Desa Bleberan menetapkan 3 misi al :

 

  1. Membangun pemerintahan Desa, Lembaga – lembaga Desa, Lembaga Padukuhan dan Lembaga kemasyarakatan yang Produktif bersih, aspiratif, kreatif serta berkemampuan

Misi ini adalah merupakan upaya pemerintah Desa Bleberan dalam mewujudkan peningkatan kinerja pemerintah desa dan lembaga – lemabaga Desa, Padukuhan dan lemabaga – lembaga kemasyarakatan dalam ikut berperan dalam pemberantasan korupsi kolusi dan nepotisme serta akan mengutamakan azaz demokrasi

sebagai wujud perencanaan yang berbasis kepentingan masarakat dan juga upaya dalam meningkatakan SDM perangkat desa, lembaga – lemabaga desa dan masarakat agar mempunyai daya kreatifitas, inofasi dan berkemampuan untuk menuju kemandirian desa dalam melaksanakan pembangunan sehingga akan lebih mempercepat pembangunan kesejahteraan masarakat

 

  1. Membangun Desa Wisata yang Indah Tertib Aman dan Agamis

Misi ini adalah merupakan upaya pemerintah Desa untuk mengembangkan potensi wisata Desa Bleberan yang produktif indah Tertib Aman dan Agamis karena berkembangnya sektor pariwisata akan dapat mempercepat kemajuan desa , menumbuhkan lapangan pekerjaan , serta dapat mendongkrak perekonomian masarakat.

 

  1. Mengembangkan Sumber Daya Masarakat :

Misi ini adalah upaya pemerintah desa untuk mewujudkan sumber daya masyarakat agar mempunyai kemampuan dalam menerapkan tehnologi dan penyerapan informasi sehingga akan mempunyai daya kreatifitas dan inofasi sehingga dapat mengembangkan dirinya dan masyarakat secara keseluruhan.

 

4.3. Tujuan

         

          Tujuan dari misi-misi tersebaut adalah

         

  1. Meningkatnya kapasitas perangkat desa dan Lembaga Desa
  2. Meningkatnya daya tarik dan daya saing pariwisata Serta meningkat nya pertumbuhan ekonomi masyarakat
  3. Meningkatkan Kesejahteraan dan kapasitas Sumber Daya Masyarakat

 

5.3. Sasaran

 

     Berdasarkan analisis strategi dan untuk mewujudkan Visi dan Misi Desa Bleberan sebagai desa tujuan wisata , untuk enam tahun kedepan ( 2016 – 2021) sasaran yang ingin dicapai adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatnya kualitas sumberdaya masarakat pedesaan baik SDM pemerintah maupun masarakat perdesaan secara umum melalui sekolah dan pelatihan bagi aparat desa.
  2. Optimalisasi potensi sumberdaya alam dan lahan pertanian melalui pemanfaatan tehnologi unggulan sepesifik lokal agar memiliki daya saing dan nilai komersial.
  3. Memperkuat koperasi sebagai lembaga/organisasi keuangan mikro di perdesaan.
  4. Pemberdayaan secara maksimal potensi wisata alam dan budaya yang ada, melalui perbaiakan dan peningkatan kualitas infrastruktur, sarana dan prasarana serta pemenuhan air bersih.
  5. Tertatanya ruang ibukota desa untuk mendukung desain desa wisata.
  6. Meningkatkan kualitas produk, kemampuan, ketrampilan tehnologi dan kemandirian industri kecil, untuk mendukung program Wisata.
  7. Peningkatan ketaqwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui peningkatan kualitas masarakat dan sarana prasarana untuk keagamaan.
  8. Peningkatan kualitas kesehatan masarakat dengan pengetahuan kebersihan lingkungan dan kesehatan.
  9. Berkembanganya industry kreatif di masyarakat
  10. Menjadikan BUMDesa sebagai fasilitas berkembangnya industry kreatif desa.

 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Bleberan

tampilkan dalam peta lebih besar