LENTERA PERMATA

SIDA BLEBERAN 16 September 2019 08:40:16 WIB

Taman Baca Masyarakat Lentera Permata merupakan wadah membaca sebagai upaya untuk menciptakan budaya literasi dalam msayarakat. Seperti halnya tujuan dari Taman Baca Masyarakat Lentera Permata yaitu sebagai wahana belajar dan untuk meningkatkan minat baca masyarakat terutama anak-anak dan mengembangkan kemampuan berorganisasi pemuda serta media berdiskusi. Jargon “Lights For Future” menggambarkan harapan Taman Baca Masyarakat Lentera benar mampu memberikan sinar-sinar untuk masa depan yang membuka wawasan dan pengetahuan. 

Taman Baca Masyarakat Lentera Permata berdiri pada tanggal 13 Januari 2019 yang dirintis oleh 15 pemuda-pemudi Desa Bleberan yaitu dari Dusun Tanjung 1, Tanjung II, dan Bleberan. Kemudian pada tanggal 20 April 2019 Taman Baca Masyarakat Lentera Permata launching bersamaan dengan peringatan hari Kartini yang dihadiri oleh Kepala Desa, Pejabat dusun, dan beberapa komunitas-komunitas di Gunungkidul. Taman Baca Masyarakat Lentera Permata terletak di Balai Dusun Tanjung II, Bleberan, Playen, Gunungkidul. Taman Baca Masyarakat Lentera Permata diketuai oleh Siti Khomariyah, Wakil Ketua adalah Heru Susanto, Sekretaris adalah Ameliya W dan Listya V. N, dan Bendahara adalah Parwidia Puput N. Saat ini ada 25 orang yang bergabung untuk mengelola Taman Baca Masyarakat Lentera Permata. Taman Baca Masyarakat Lentera Permata memiiki beberapa program unggulan yaitu mini perpus, sinau bareng dan gardu buku. 

Taman Baca Masyarakat Lentera Permata mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat, setidaknya ada sekitar 40 anak dari dusun Tanjung. Sementara ini sudah dua program unggulan yang telah berjalan yaitu mini perpus dan sinau bareng. Kegiatan Taman Baca Masyarakat Lentera Permata dilaksanakan seminggu sekali setiap hari Minggu.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Bleberan

tampilkan dalam peta lebih besar